| Selamat datang di zona integritas KKP Kelas I Makassar | | Wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani | | Dilarang memberikan suap / gratifikasi dalam bentuk apapun | | Laporkan bila ada permintaan gratifikasi melalui menu WBS pada website ini | | Untuk kemudahan tentang informasi pelayanan KKP Makassar anda dapat mengakses pada menu SIMPEL-TA pada website ini atau whatsapp chatbot di link ini https://wa.link/dkf0b7 | | Wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani | | Selamat datang di zona integritas KKP Kelas I Makassar | | Wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani | | Dilarang memberikan suap / gratifikasi dalam bentuk apapun | | Laporkan bila ada permintaan gratifikasi melalui menu WBS pada website ini | | Untuk kemudahan tentang informasi pelayanan KKP Makassar anda dapat mengakses pada menu SIMPEL-TA pada website ini atau whatsapp chatbot di link ini https://wa.link/dkf0b7 | | Wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani |



MEMPERINGATI ULANG TAHUN RI KE 78 TANGGAL 17 AGUSTUS 2023 DI KKP KELAS I MAKASSAR DILAKSANAKAN UPACARA BENDERA DAN LOMBA PERAYAAN


Bertempat di halaman upacara Kantor Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar Jl. Kompleks Bandar udara Internasional Sultan Hasanuddin dilaksanakan peringatan hari ulang tahu (HUT) RI ke 78 pada tanggal 17 Agustus 2023. Peringatan HUT RI dilaksanakan dengan upacara bendera yang dipimpin oleh Nursakti Saputra, AMd. KL dan Pembina upacara Kepala KKP Kelas I Makassar Bapak Agus Jamaludin, SKM, M. Kes.


Bertindak sebagai penggerek bendera merah putih, Kaimuddin, S. Tr.KL, Aulia Magfirah, SGz, dan Adil Nirwandi, AMd. KL. Pembacaan naskah proklamasi Yusrianto, SKM, Pembaca naskah UUD 1945 Amriana Amin, SE, pembaca doa Nurkamar, SKM, M. Kes, dirigen lagu-lagu kemerdekaan dr. Marselina Sili papu, MPHM dan bertindak selaku Master of ceremony (MC) Saydaturrizky, AMd.

Dalam kesempatan tersebut pembina upacara menyampaikan amanat sebagai berikut:

“Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, Sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 78 pada tanggal 17 Agustus 2023.

Hari ini, kita berkumpul dalam suasana yang penuh semangat dan kebanggaan. Dalam momen yang sangat istimewa yaitu di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Seperti biasa, sebelum memulai upacara ini, kita tundukkan kepala sejenak untuk mengheningkan cipta. Sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan kita yang telah berjuang dengan gigih untuk mencapai kemerdekaan yang kita nikmati saat ini.

Di dalam semangat kemerdekaan, mari kita merenungkan betapa berharganya kebebasan yang kita miliki sebagai kemerdekaan. Dari para pendahulu bangsa, kita belajar bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Kemerdekaan Indonesia tidak dihadiahkan oleh penjajah, tetapi dipertaruhkan dengan seluruh jiwa dan raga. Perjuangan itu masih kita teruskan sampai hari ini.

Merdeka bukanlah hak istimewa semata, tetapi sebuah tanggung jawab untuk menjaga dan menghargai nilai-nilai luhur bangsa ini. Untuk itu, marilah kita bertanggungjawab atas kemerdekaan ini, untuk terus memperkuat persatuan, menghormati keragaman, dan bekerja bersama demi kesejahteraan bersama.

Seperti halnya para pahlawan, kita juga memiliki tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan mereka, meskipun dalam bentuk yang berbeda. Sebagai generasi penerus, kita meneruskan tongkat estafet kemerdekaan. Tugas berat diletakkan di pundak kita untuk menjaga, memelihara, dan memajukan bangsa ini. Semua yang telah dicapai oleh para pendahulu harus kita pertahankan dan tingkatkan. Kita memiliki peluang dan potensi besar untuk mengukir prestasi-prestasi gemilang dalam berbagai bidang.

Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini mengambil slogan “terus melaju untuk Indonesia maju”. Hal ini mencerminkan semangat dan tekad Bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan masa depan serta menggambarkan keberlanjutan pembangunan, semangat estafet dan semangat untuk terus maju. Disamping itu juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergerak maju dan berkolaborasi demi mewujudkan Indonesia yang lebih maju, adil dan sejahtera.

Dalam amanat ini, marilah kita berkomitmen untuk menjadi agen perubahan. Marilah kita tekankan pentingnya pelayanan kesehatan berkualitas, kolaborasi dengan para stakeholder terkait dan inovasi dalam berbagai sector layanan kesehatan.

Kita tinggalkan perbedaan-perbedaan yang dapat memecah belah, dan fokuslah pada apa yang bisa kita lakukan bersama. Bangsa ini membutuhkan kolaborasi dari semua elemen masyarakat untuk meraih cita-cita bersama.

Melalui semangat kemerdekaan dan tekad yang kuat, mari kita bahu-membahu menjalankan peran kita masing-masing untuk memajukan Indonesia. Kita percaya bahwa masa depan gemilang masih menanti di depan mata, dan kita adalah pionir-pionir masa depan tersebut.

Hadirin yang kami hormati.

Pandemi Covid 19 menjadi momentum bagi kita bangsa Indonesia untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan di tanah air. Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang.

Adapun fokus 6 pilar transformasi kesehatan adalah transformasi layanan primer, transfomasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasiteknologi kesehatan.

Saat ini telah terbit Undang-Undang No. 17 tahun 2023 tentang Kesehatan. Ini adalah hadiah di hari kemerdekaan dan menjadi momentum bersejarah bagi perkembangan pembangunan kesehatan. Undang-undang ini merupakan wujud mendekatkan pelayanan kesehatan yang merata bagi masyarakat. Selain itu, sebagai wujud memenuhi hak dasar rakyat yang menjadi kewajiban negara.

Hadirin yang kami hormati.

Pada kesempatan ini, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya, kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan lndonesia.

Periuangan kita masih panjang. Saya berharap semua insan kesehatan agar:

1.            Terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih & sehat, di antaranya melalui konsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan aktifitas fisik setiap hari, dan mencuci tangan dengan sabun;

2.            Terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin, baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi, pemeriksaan penyakit-penyakit sesuai siklus hidup; dan

3.            Terus mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati dan melindungi upaya kita dalam mewujudkan Bangsa lndonesia yang sehat sejahtera.

Jadilah bagian dari sejarah yang terus berjalan. Bersama-sama, kita akan mewujudkan impian dan cita-cita para pahlawan. Selamat hari ulang tahun RI ke 78 tanggal 17 Agustus 2023. Dirgahayu Indonesia!”.



Setelah selesai upacara dilanjutkan dengan makan pagi bersama, mencicipi aneka  makanan berupa lontong sayur, batagor, bakso, buah-buahan, aneka kue-kue dan minuman yang disiapkan secara gotong royong oleh seluruh pegawai KKP kelas I Makassar. Kegiatan  perayaan HUT RI  berikutnya dilakukan dalam bentuk lomba-lomba antar pegawai dan keluarga KKP Kelas I Makassar. Acara ini dikoordinir oleh tenaga PPNPN. Beberapa lomba kegiatan yang dilaksanakan adalah lomba makan kerupuk kategori anak-anak dan dewasa, lomba memasukkan benang dalam jarum untuk pegawai umur 50 tahun ke atas, lomba memindahkan botol plastik menggunakan balon, lomba lari kelereng kategori anak-anak, lomba memasukkan sarung secara berantai, lomba masuk ke kertas berkelompok dan yel-yel peserta lomba. Peserta lomba dari pegawai KKP Makassar dibagi atas kategori substansi TU, PRL, PKSE, UKLW, Wilker dan tenaga PPNPN. Dibagian akhir acara, kedatangan tamu dari Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan sekaligus bergabung memeriahkan acara lomba. Masing-masing juara 1,2 dan 3 setiap kategori lomba diberikan hadiah oleh panitia.



 


Acara perayaan tahun ini sangat istimewa dan berlangsung meriah. Pada tahun-tahun sebelumnya perayaan HUT RI kegiatan dibatasi dan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan karena masih dalam situasi pandemic Covid 19 sejak tahun 2020. Kepala KKP Kelas I Makassar, Bapak Agus Jamaluddin, SKM, M. Kes dalam sela-sela lomba menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua tim yang telah mensukseskan acara ini dengaan baik. Acara ini akan memberikan manfaat besar dalam membangun kolaborasi dan sinkronisasi dengan setiap substansi dan elemen sehingga terwujud KKP yang tangguh dan prima dalam cegah tangkal penyakit. (nirwan)

KOMENTAR

Tinggalkan Pesan